Gencarkan Digitalisasi Data, Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Google Spreadsheet Dalam Pendataan Penduduk Desa Pesalakan

  • Aug 12, 2023
  • Admin Desa Pesalakan
  • BERITA

Pesalakan, Batang (12/08/2023) – Pendataan penduduk merupakan suatu kegiatan yang penting bagi pemerintahan daerah hingga pusat. Mengutip pernyataan dari perangkat Desa Pesalakan, Mas Wahid Nurkholis mengatakan bahwa sistem pendataan penduduk berbasis website yang hanya diizinkan untuk diakses oleh sebagian kecil perangkat desa mengakibatkan adanya kesulitan selama proses pelayanan di Kantor Balai Desa Pesalakan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang.

Menanggapi permasalahan tersebut Mahasiswi KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022/2023, Silmy Kaffah dari Program Studi Statistika, Fakultas Sains dan Matematika berinisiasi untuk membina perangkat desa juga menggunakan Google Spreadsheet sebagai media pendataan penduduk yang dapat diakses dengan mudah bagi siapapun, kapanpun dan dimanapun berada. Dokumen pada Google Spreadsheet tersebut berisi data-data penduduk Desa Pesalakan meliputi nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, tingkat pendidikan, dan agama.

Data-data penduduk desa yang terorganisir dapat membantu perangkat desa dalam pelayanan. Selain itu, dapat dijadikan sebagai informasi desa setelah dianalisis sesuai dengan kebutuhan desa setempat. Harapannya program kerja yang terlaksana dapat meningkatkan produktivitas kerja para perangkat desa serta dikembangkan terus-menerus sesuai kemajuan teknologi sehingga selalu digunakan pada masa depan.

 

Penulis: Silmy Kaffah, Program Studi Statistika, Fakultas Sains dan Matematika

Dosen:

  1. Prof. Dr. Hermin Pancasakti Kusumaningrum, S.Si., M.Si.
  2. Dr. Adi Nugroho, M.Si.
  3. Clara Yully Diana Ekaristi, S.E., M.Acc.

Lokai: Balai Desa Pesalakan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia