BERMANFAAT ! Mahasiswa KKN Undip menyulap nasi basi menjadi pupuk organic cair (POC) yang bermanfaat

  • Aug 13, 2023
  • Admin Desa Pesalakan
  • BERITA

Pesalakan, Bandar (13/8/2023) Desa Pesalakan merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Bandar. Mayoritas warga Desa Pesalakan memiliki kebun, lahan, ataupun sawah sendiri dikarenakan tanah di Desa Pesalakan tergolong cocok untuk ditanam berbagai jenis tumbuhan. Akan tetapi kebanyakan warga yang memilih pupuk kimai sebagai pupuk utama dibandingkan dengan pupuk organic. Selain itu, masih banyak warga yang tidak memanfaatkan limbah organik hasil rumah tangga dan lebih memilih untuk dibuang tanpa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Dalam rangka meningkatkan kesadaran ibu – ibu desa untuk memanfaatkan limbah organic, dilaksanakan sebuah kegiatan berupa penyuluhan untuk ibu – ibu untuk membuat pupuk organic cair (POC) yang terbuat dari nasi basi. Kegiatan ini dilaksanakan pada 29 Juli 2023 di Posko KKN tim II Undip, Desa Pesalakan.

Ibu – ibu dari beberapa RT antusias mengikuti kegiatan ini. Kegiatan diawali dengan sesi pengenalan tentang apa itu limbah organik dan mengapa pupuk kimia tidak baik bagi lingkungan sekitar. Ibu – ibu kemudian diberikan penjelasan tentang salah satu limbah organic yang dapat digunakan sebagai POC dan cara membuat sembari dilakukan demonstrasi dalam pembuatan dan pengaplikasian kepada tumbuhan. Ibu - ibu dengan antusias mengamati, mencatat, dan mengajukan beberapa pertanyaan. Kemudian ibu – ibu diberi beberapa sampel produk berupa pestisida organic dalam betuk botol agar dapat digunakan.

Selain pengetahuan tentang pupuk organik dan limbah organik, kegiatan ini juga membantu ibu – ibu agar sadar tentang limbah organic ternyata bermanfaat apabila diolah dengan baik. Kegiatan “Penyuluhan pembuatan pupuk organic cair (POC) dari nasi basi” telah membawa dampak positif bagi desa. Melalui kegiatan ini, mereka juga berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan menggunakan pestisida organic.

Penulis                         : Muhammad Banyubiru Dewo

Dosen pembimbing     :

  1. Prof. Dr. Hermin Pancasakti K, S.Si., M.Si.
  2. Dr. Adi Nugroho, M.Si.
  3. Clara Yully Diana Ekaristi, S.E., M. Acc.